Pasar Pagi Asemka

Pasar Pagi Asemka

Pasar Pagi Asemka

Bagi Anda yang gemar berburu beraneka macam perhiasan imitasi, aksesoris, aneka souvenir, mainan anak, alat tulis dan peralatan kosmetik. Semua itu tersedia di satu tempat di bilangan Glodok yang bernama Pasar Pagi Asemka, atau lebih akrab dengan sebutan Pasar Pagi Lama. Ya, Asemka adalah tempat pusat grosir terbesar di Jakarta dan bahkan terbesar di Indonesia.

Pasar pagi Asemka terletak tidak jauh dari stasiun kereta api Jakarta Kota atau nama lainnya stasiun Beos, dan juga halte bus Trans Jakarta Kota. Hal itu, membuatnya lumayan mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan. Jika Anda memutuskan untuk naik bus Trans Jakarta, Anda bisa langsung menyebrang ke arah fly over Jembatan Lima yang kira-kira dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Apalagi jika Anda memakai kendaraan pribadi, pasti lebih mudah mencapainya.
Setelah sampai di area ini, Anda bisa langsung menuju lantai paling bawah dari gedung karena disitulah Anda bisa menemukan berbagai macam aksesoris seperti gelang, kalung dan lain-lain. Sedangkan di lantai satu Anda bisa melihat-lihat berbagai mainan dan perlengkapan sekolah untuk anak-anak seperti tempat pensil, tempat makan, tempat minum, tas, buku, dan berbagai alat-alat tulis lainnya.

Bagi Anda yang sangat menggemari perhiasan dan aksesoris, pasti akan tergoda dengan indahnya pernak-pernik yang dijajakan dalam setiap langkah Anda. Aneka ragam kalung baik panjang maupun pendek tersedia dengan model yang sedang tren saat ini. Tidak ketinggalan juga gelang, bros, aneka jepit rambut (dari batu, kayu, perak, dan tembaga), siap menggoda Anda untuk memilikinya.

Selain pernak-pernik jadi, di Asemka juga banyak toko-toko yang menyediakan bahan mentah pembuat aneka perhiasan tersebut. Yang terpenting, harga yang ditawarkan di pasar ini jauh lebih murah ketimbang pusat perbelanjaan lainnya, hanya berkisar antara Rp 10.000-Rp 100.000. Bahkan, bisa lebih murah lagi jika Anda pintar melakukan penawaran. Dan untuk mendapatkan souvenir untuk pesta pernikahan, Anda dapat memperolehnya mulai dari harga Rp 500.

Sayangnya, di Pasar Asemka ini semua barang dijual secara grosir. Sebab rata-rata pembeli disini membeli barang untuk dijual kembali di toko miliknya. Jadi, memang lebih baik jika Anda berbelanja dalam jumlah besar agar mendapatkan harga yang murah. Kalau Anda tidak mau membeli secara grosiran bukan berarti Anda tidak dilayani, tetapi barang yang Anda inginkan berharga lebih mahal. Meski demikian, tetap saja harga harganya masih lebih murah dari pusat perbelanjaan lainnya.

Wisata Belanja

Pasar Pancoran Glodok

Pasar Pancoran Glodok

Jika Anda tidak ingin berbelanja, bukan berarti pasar pagi Asemka tidak layak untuk Anda kunjungi. Sebab, Anda juga dapat menikmati nuansa perkampungan Cina (Pecinan) di kawasan Petak Sembilan yang letaknya tepat di sebelah kiri pasar pagi Asemka. Disini terdapat Klenteng Petak Sembilan yang terkenal itu.

Selain itu, keindahan gedung-gedung tua peninggalan Belanda di kawasan ini, juga menarik untuk dikunjungi. Hanya saja, Anda harus siap dengan cuaca yang panas dan sumpek. Tips dari Pasarinfo “simpan lah barang berharga Anda di tempat yang aman, demi menghindari pencopetan.
Dahulu kala, banyak pedagang memenuhi ruas-ruas jalanan di gang ini, tetapi kini sebagian sudah alokasikan ditempat lain yaitu di basement ex-City Hotel. Meski demikian, kini di sepanjang gang masih banyak toko toko permanen yang menjual aneka bahan makanan chinese, bahan pelengkap menjahit (renda, kancing, benang), peralatan rumah tangga, hingga kain sprei dan gorden.

Selain itu, di gang ini juga banyak pedagang minuman es cincau hijau yang segar nan nikmat. Tidak ketinggalan penjual tape singkong yang kualitasnya bagus sekali. Nah, tape singkong ini kalo dibikin cake, akan menghasilkan cake yang tidak kalah dengan cake yang di jual-jual di toko kue kenamaan.

Daging kodok

Daging kodok

Bagi Anda penggemar daging kodok, Anda dapat menemukan penjual daging kodok untuk dikonsumsi yang siap santap disana. Untuk memperolehnya, Anda hanya tinggal berjalan kaki menelusuri jalan ke bagian belakang kawasan Petak Sembilan. Memang gangnya sempit karena sangat banyak pedagang menjajakan dagangannya disana terutama kodok.

Program Lahan Parkir

Saat ini Suku Dinas Tata Ruang Jakarta Barat juga telah mengusulkan pemusatan perparkiran yang rencana akan dipusatkan di areal pertokoan Asemka Pasar Pagi. Ya, pemusatan perparkiran di pertokoan Asemka ini sudah dikaji. Salah satunya, letak pertokoan Asemka Pasar Pagi sangat strategis sehingga harapan untuk menciptakan Kota Tua sebagai kawasan wisata jalan kaki bisa segera terwujud. (ahm-berbagai sumber)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s