Mencari mainan di Jakarta

Pasar Asemka

Pasar Asemka

Mainan anak-anak ini kelihatan berharga mahal, yang hanya dapat dibeli oleh kaum berduit dan gedongan. Padahal mainan ini berharga murah dan terjangkau oleh kocek kelas menengah ke bawah.

Di Jakarta terdapat beberapa tempat penjualan mainan anak-anak berharga miring. Diantaranya di Pasar Gembrong, Jakarta Timur.Berbagai jenis mainan anak-anak tersedia di tempat ini, asalkan mau sedikit capek keliling pasar dan berani menawar.

Pasar Gembrong terletak di sisi gerbang tol Pedati, Prumpung Jakarta Timur. Di tempat ini terdapat sekitar 50 kios penjual mainan anak-anak. Dari mulai yoyo, mobil balap, hingga boneka barbie.

Namun untuk berbelanja di Pasar Gembrong perlu pengorbanan. Harus rela masuk ke kios di gang sempit. Bila berpapasan, pengunjung pasti bersenggolan.

Sehingga tempat ini juga disebut sebagai pasar sengggol. Meski begitu, tempat ini merupakan surga berbelanja mainan anak-anak.

Mainan yang di mal dan toko ternama dijual dengan harga setengah jutaan, di tempat ini hanya dijual tidak sampai separonya, sekitar dua ratus ribuan saja. Replika mobil mewah ini misalnya, dihargai kurang dari seratus ribu rupiah.

Padahal di pusat perbelanjaan harganya bisa mencapai dua kali lipatnya. Begitu juga mobil-mobilan ini, hanya berharga 20 hingga 25 ribu rupiah saja. Padahal di toko ternama harganya bisa mencapai empat puluh ribu rupiah.

Pembeli di pasar ini tidak saja kalangan bawah. Namun juga kalangan menengah ke atas.

Salah satu mainan mahal, di pasar Gembrong

Salah satu mainan mahal, di pasar Gembrong

Seperti Fedi, warga Menteng Atas ini, pada hari libur sering meluangkan waktunya untuk membeli mainan untuk anak semata wayangnya di tempat ini.
Menurut Widya, seorang pedagang, salah satu mainan anak yang paling banyak dicari pembeli adalah boneka barbie. Mulai dari yang asli hingga tiruan yang namanya diplesetkan menjadi boneka betty, belly, atau benny.

Harga boneka berbie asli dijual seratus tiga puluh ribu rupiah. Sedangkan yang tiruan, ada yang hanya dihargai 15 ribu rupiah.

Ada juga mainan sederhana yang banyak dijual pedagang di depan sekolah. Seperti yoyo, pistol-pistolan, dan gasing, harganya berkisar seribu hingga empat ribu rupiah.

Pasar Gembrong menjadi pusat penjualan mainan anak-anak sejak krisis moneter tahun 1998 silam. Saat itu, pedagang mulai membuka kios dan berdagang mainan anak-anak di tempat ini.

Karena pembelinya banyak, tempat ini berkembang menjadi pasar grosir mainan anak-anak.

Pembeli yang berbelanja ke pasar ini tidak hanya berasal dari sekitar Jakarta, tetapi juga dari daerah lain, seperti dari Cirebon, Tegal, dan Bandung.
Selain di Pasar Gembrong, mainan anak-anak berharga murah juga dapat dibeli di pasar pagi, di kawasan Asemka, Jakarta Barat.

Tempat ini memang sudah lama dikenal sebagai pusat grosir mainan anak-anak. Namun para pembeli di tempat ini umumnya pedagang yang membeli dalam partai besar atau grosiran. Selain mainan anak-anak, di tempat ini juga dijual kembang api.

Masa kanak-kanak adalah masa bermain. Para orang tua harus pandai-pandai memilih mainan yang sesuai untuk anaknya. Untuk membelinya tinggal disesuaikan dengan kemampuan.

Bagi yang berkantong tebal dan tidak ingin berkeringat bisa membeli di mall atau toko mainan anak terkenal.

Namun bila ingin mendapatkan mainan berharga murah, dapat datang ke Pasar Gembrong atau Pasar Pagi Asemka. Namun harus rela berkeringat dan berani menawar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s